Tips Berinteraksi dengan Pelanggan di Media Sosial

semua pebisnis, termasuk anda mungkin sangat memahami perlunya memberi pelayanan yang baik terhadap customer. Dengan memberi pelayanan yang baik, customer berkemungkinan besar untuk melakukan repeat order. Selain itu, pelayanan juga merupakan salah satu faktor bertumbuhnya bisnis anda. Sebaliknya jika pelayanan yang diberikan buruk, customer akan merasa kapok untuk membeli produk atau menggunakan jasa anda. Berikut adalah tips untuk berinteraksi dengan pelanggan di media sosial :

  1. Dahulukan respon pelanggan yang sedang mengalami kesulitan

Siapa pun bebas berkomentar di media sosial. Ketika anda mem-post sesuatu di media sosial, baik mengenai produk maupun tips-tips dan ada orang yang berkomentar, maka cobalah untuk menanggapinya. Ini menunjukkan bahwa perusahaan anda “hidup” dan orang pun akan merasa diperhatikan. Berinteraksi dengan pelanggan atau calon pembeli di media sosial bisa mempererat ikatan dan anda pun akan lebih mudah memberikan penawaran lainnya.

  1. Bantu pelanggan dengan langsung menangani permintaan atau memecahkan masalah

Pelanggan sering memiliki pertanyaan yang tidak secara langsung mengenai produk atau layanan kamu namun terkait dengan mereka. Sebagai penjual anda harus mampu menawarkan saran yang tepat untuk pelanggan apabila sedang mengalami kesulitan untuk membeli produk yang sesuai dengan nya.

  1. Respon pelanggan dengan cepat kurang dari 1 jam

Sangat penting untuk merespon dengan cepat dan efisien untuk keluhan customer di sosial media. Sebagai awalan, cobalah untuk membalas dalam waktu 1 jam. Hal ini tidak berarti Anda harus memberikan jawaban dengan segera. Customer biasanya ingin Anda mengetahui masalah mereka sehingga mereka tahu kalau Anda mencari solusi untuk hal tersebut.

  1. Sesuaikan dengan bahasa mereka

Gunakan bahasa yang sopan dan melayani agar siapapun yang berkomentar di media sosial merasakan kemudahan dalam mendapatkan informasi mengenai produk yang anda jual.

  1. Jangan pernah menghapus komplain dari pelanggan

Ketika customer menghubungi anda dengan komentar sosial yang negatif, mereka biasanya mencari anda untuk mengakui dan membantu menyelesaikan masalah mereka. Bila Anda telah membuat kesalahan, jalan yang terbaik adalah menunjukkan transparansi, bersikap jujur dan melakukan segalanya dalam kekuasaan Anda untuk memperbaiki situasi segera dengan meminta maaf atau memberikan gift sebagai tanda permintaan maaf kepada pelanggan. Ingat, dibutuhkan waktu yang lama untuk membangun kepercayaan dengan customer Anda, tetapi dibutuhkan hanya detik untuk kehilangan mereka.

semoga dengan cara itu dapat menciptakan pengalaman terbaik untuk pelanggan Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *